Cara Membuat PC SLI Gaming Rig "MURAH HASIL MAKSIMAL"

14 Jul 2011

Assalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh.. :)
Buat kali ini ane mau bagi² apa itu Teknologi NVIDIA® SLI™ sama gimana sih cara kerja & bikin teknologi SLI dari komputer kita dengan budget ngedasar?


TANCAAAPPPP CEKIDOT......



*NVIDIA Scalable Link Interface Technology atau bisa kita singkat dengan NVIDIA® SLI™ Technology adalah sebuah inovasi platform revolusioner yang memungkinkan untuk mendapatkan kinerja skala grafis cerdas dengan menggabungkan Multi-GPU NVIDIA pada sebuah Motherboard bersertifikat SLI.

*Bagaimana Cara Kerja Teknologi SLI?
adalah dengan menggunakan algoritma perangkat lunak dan logika skalabilitas berdedikasi pada masing-masing GPU NVIDIA. Dengan memakai NVIDIA® SLI™ Technology akan diperoleh 2 kali performa jika memasang 2 VGA Card dan 2.8 kali performa bila menggunakan 3 VGA Card, dibanding solusi grafis tunggal.

Terdapat fitur SLI Antialiasing yaitu sebuah mode rendering baru mandiri yang menawarkan sampai dua kali lipat kinerja dengan memisahkan beban kerja diantara 2 VGA Card. Jika SLI Antialiasing ini diaktifkan maka akan diperoleh dua pilihan yaitu SLI 8x dan SLI 16x. Pada sebuah sistem Quad SLI bahkan mampu hingga SLI 32x. Teknologi NVIDIA® SLI™ juga support penggunaan Multi-Monitor 2-way, 3-way dan konfigurasi SLI Quad. Multi-Monitor dapat diaktifkan melalui NVIDIA Control Panel.

Teknologi NVIDIA® SLI™ dapat diaktifkan pada setiap aplikasi game, termasuk aplikasi game OpenGL dan Direct 3D. Teknologi NVIDIA® SLI™ mampu memberikan kinerja scaling 3D rendering frame, baik menggunakan AFR (Alternative Frame Rendering) maupun SFR (Split Frame Rendering).

Teknologi NVIDIA® SLI™ telah mendukung PC berbasis Sistem Operasi :
  • Windows XP 32-bit
  • Windows XP 64-bit
  • Windows Vista 32-bit
  • Windows Vista 64-bit
  • Windows 7 32-bit
  • Windows 7 64-bit
  • Linux 32-bit
  • Linux 64-bit (AMD-64/EM64T)
Dengan adanya Teknologi NVIDIA® SLI™ maka sebuah PC akan mampu digunakan sebagai perangkat untuk memainkan game seberat apapun.


Nah untuk statement ini ane mau balik lagi ke bahasa kebangsaan ane lagi dah "berabe pake bahasa begonoan diatas mah" tips kali ini gimana cara bikin PC SLI Gaming Rig dengan budget muraaaahhhhh? sebagai berikut :
*note: agan terlebih dahulu mesti wajib pilih² komponen pilihan yang sesuai tapi jangan asal²an??

Processor
Buat Processor, agan bisa gunain procies Intel Core 2 Duo E6600 soalnya processor ini adalah versi yang murah dari produk Core 2 Duo dengan buffer L2 cache 4Mb. Banyak orang yang sudah pake ini procies karena selain harga mendasar agan bisa dapet hasil overclocking yang baik dengan clock rate 2.4 Ghz dan multiplier 9x. Alternatif lain agan bisa gunain procies Intel Core 2 Duo E6300 dengan buffer L2 cache 2Mb dan clock rate 1.86 Ghz.

Mainboard
Buat mainboard agan bisa pilih Asus P5NSLI yang ngegunain sistem NVIDIA nForce 570 SLI buat chipset Intel. Karena buat percobaan cari produk yang murah-meriah dari hasil survey sementara, mainboard ini adalah yang termurah dikelasnya.

Memory
Memory yang digunain agan bisa pilih MCPRO DDR2/PC800 1Gb sebanyak 2 keping.

Cooling Processor
Buat kasus ini karena mau nyoba overclock, maka dibutuhin pendingin yang lebih baik dari standar Intel. ARCTIC COOLING FREEZER 7 PRO bisa jadi alternatif pendingin procies di PC agan.

Graphics
Karena mau bikin PC SLI Gaming Rig murah, maka perlu sepasang Grapich Card 7900GS. Berikut spesifikasinya gan:

* GPU (Graphics Processing Unit) :
   - Powered by NVIDIA® GeForce™ 7900GS GPU
   - Fully supports Microsoft Direct X® 9 & OpenGL®2.0 for Windows 2000/ME/XP
* PCI EXPRESS Interface:
   - Supports PCI EXPRESS X 16 compliant configuration setting
* Memory:
   - 256MB DDR3 SDRAM with 256-bit data bus
   - Memory type: 8x32-2.8 uBGA package
* Output :
   - Dual DVI-I output
   - 7-pin HDTV

Display
Agan bisa ngegunain monitor Viewsonic VX2235WM 22 inch dengan resolusi tinggi 1680 x 1050.

Storage/Harddisk
Seagate Barracuda dengan kapasitas 320Gb udah bisa jadi alternatif yang mumpuni. Karena dengan buffer 16Mb, spin Speed (RPM) 7200 dan Interface SATA 3Gb/s.

Audio
Buat audio, agan bisa percayain sama Creative Fatal1ty.

Power Supply
Karena mau ngejalain SLI, kita butuh power supply yang sangat mumpuni dalam memasok daya listrik pada setiap hardware dan karena GPU SLI membutuhkan 6 pin konektor. Agan bisa percayain sama AcBel R88 Power 700W.

Sekian dari ane.. Siapa tau agan² selaku gamers kebantu sama postingan ini.. Sebelumnya ane minta maaf jikalau kata bahasa ane kurang bisa dimengerti ?? namanya juga belajar gan.. tak banyak lebihnya banyak kurangnya..

Wassalamualaikum warrohmatulloh wabarokatuh..


dikutip oleh : Indra Qubonz Meirwanda
Komponen Pilihan
CPU, Motherboard and Memory
Untuk percobaan ini, akan digunakan processor Intel Core 2 Duo E6600. Processor ini adalah versi yang murah dari core 2 duo dengan L2 cache 4MB. Cukup beberapa orang menklaim hasil overclocking yang baik dengan processor ini. Clock rate processor ini adalah 2.4GHz dengan multiplier 9x.
Alternatif lain yang murah adalah processor Core 2 Duo E6300, yang hanya memiliki 2MB L2 cache dengan clock rate 1.83GHz.
Karena akan mencoba menggunakan SLI dalam biaya yang murah, maka pilihan untuk motherboard akan terbatas. Asus P5NSLI menggunakan Nvidia nForce 570 SLI untuk chipset Intel.
Memori yang digunakan adalah Corsair XMS DDR2/800 CM2X1024-6400. Terdiri dari 1GB sebanyak 2 keping.
Sebuah processor membutuhkan pendingin. Karena ingin mencoba untuk melakukan overclock maka dibutuhkan pendingin yang lebih baik dari standar Intel. Zalman CNPS9500AT-CU adalah cooling processor dengan kipas horizontal dengan harga $50, untuk alternatif lain bisa menggunakan Arctic Cooling Freezer 7 Pro dengan biaya dibawah $30.
Graphics dan Display
Karena ingin membangun sebuah Rig SLI murah, maka perlu sepasang graphics card 7900 GS.
Monitor menggunakan Viewsonic VX2235VM 22 inci dengan resolusi 1680×1050.
Storage dan Audio
Seagate Barracuda 7200.10 menawarkan kinerja yang baik.ST3320620AS menawarkan penyimpanan 320GB dengan buffer 16MB.
Optical drive menggunakan Lite-On SHM-165H6S menawarkan burn dengan kecepatan 16x untuk single layer dan 8x untuk dual layer.
Untuk Sound card dipercayakan pada Creative Fatal1ty dan untuk alternatif lain bisa menggunakan XtremeAudio.
Casing dan Power supply
Antec Super Lanboy adalah casing jenis mid tower dengan kipas depan 12cm.
Karena akan menjalankan SLI, maka diperlukan power supply yang handal dan cukup untuk memasok daya listrik pada setiap hardware, Antec Trio 650 adalah power supply yang dibutuhkan untuk sistem ini.

0 komentar: