Membuat bootable dengan USB berbasis DOS

13 Apr 2011

Sekarang tempat penyimpanan file selain CD sudah banyak yang bermunculan jenis nya, hardisk eksternal dan USB Flashdisk adalah bootable disk dimana orang-orang paling sering memakai nya karena sangat portable.
Sangat banyak tools yang ada pada saat ini untuk membuat bootable disk. Misalnya kita dapat melihat website nya di www.bootdisk.com.
Lalu, gimana sih cara membuat bootable USB, ditambah pada di zaman sekarang floopy disk hampir-hampir hilang di dalam lingkungan  IT. Tutorial ini adalah tutorial yang simple dan ringan (mudah di terima) untuk orang awam sekalipun agar dapat membuat bootable USB berbasis DOS.
Ada 2 kondisi yang ada :

1. Kita mempunyai floppy disk.
-   Silahkan Donwload boot98se.exe di website http://www.bootdisk.com
-   Lalu kemudian Masukan floppy disk tersebut ke floppy drive di drive a
-   Setelah langkah di atas selesai, maka kita Install HP Format USB Utility, kita bisa memperoleh nya di SINI, dan setelah itu jalankan tools nya.
-  Lalu kita Format USB nya dengan menceklist seperti gambar di bawah ini.



























Selesai !

2. Kita tidak mempunyai floppy disk.
-  Pada langkah pertama silahkan lakukan instalasi HP Format USB Utility, software nya bisa di download di SINI, dan jalankan
-  Dan di langkah ini kita perlu download MS Dos File System DISINI, kemudian Extract. dan kemudian kita jalankan
Silahkan lakukan Format USB kita seperti dalam gambar di bawah ini, ceklist nya silahkan di ikuti, Lalu kita arahin file msdos system files dimana terletak pada folder kita lakukan penyimpanan. lalu Start!



























Selesai !

Semoga membantu...


0 komentar: