Cara Memperbaiki Harddisk Bermasalah

13 Apr 2011

Level 1
Harddisk yang rusak dalam kasus ini disebabkan oleh Bad sector. Dan cara mengatasinya bisa dengan cara dibawah ini, perbaikan ini disesuaikan berdasarkan merk dan juga seberapa banyak bad sector yang ada.
- Awalnya kita pergunakan perintah FORMAT C:/ (silahkan sesuaikan dengan posisi dimana drive akan diformat). /C berfungsi agar cluster yang rusak menjadi bersih.
- Jika sebelumnya belum berhasil kita bisa memakai feature Disk Manager yang biasanya telah ada disetiap Harddisk.
- Jika cara tersebut belum berhasil, maka kita dapat menggunakan Tools HDD Regenerator, silahkan download terlebih dahulu aplikasi tersebut.
- Namun bila cara tersebut belum juga bisa, silahkan coba cara yang satu lagi, yaitu dengan cara “Low Level Format”/”Zero File”.
- Jika cara ini tidak juga dapat menyelesaikan masalah ini, kita coba lakukan pemotongan pada sector harddisk yang telah rusak, caranya dengan membaginya dan kita tidak akan memakai sector yang sudah rusak.

Level 2
Kerusakan yang terjadi: Kehilangan Partisi Harddisk dan Data. Kerusakan ini biasanya dikarenakan virus atau kesalahan kita ketika kita memakai program utility. Yang perlu kita perhatikan sewaktu kita mengembalikan Partisi harddisk yang sudah hilang, adalah kapasitas dari harddisk tersebut dan juga Jenis dari File System hardisk. Partisi Hardisk dengan metode File System FAT akan menjadi lebih mudah dikembalikan daripada dengan metode NTFS / File System Linux.
- Silahkan Cek dulu partisi harddisk kita dengan memakai FLASHDISK atau biasa disebut Disk Manager
- Dan cara mengembalikannya kita dapat memakai aplikasi Acronis Disk Director, Handy Recovery atau Stellar Phoenix, dll.
Dalam kasus ini biasanya harddisk dapat dideteksi pada bagian BIOS akan tetapi harddisk tidak bisa dipakai, akan ada pesan error sewaktu komputer kita akan melakukan POST. Kerusakannya ini biasanya dikarenakan oleh FIRMWARE harddisk yang bermasalah itu. Untuk Kerusakan ini biasanya terjadi di harddisk dengan merk Maxtor yang mempunyai seri nama Dewa-dewa.
Untuk memperbaikinya kita dapat mengunduh Software Firmware yang dapat didownload di website merk harddisk yang bermasalah itu.


0 komentar: