Tips Cara Menginstalasi Ulang Windows XP

13 Apr 2011

Sedikit bocoran bagi yang belum tahu bagaimana caranya menginstal ulang Operating System Windows XP. Seharusnya dari dulu saya bagikan tutorial ini, cuman yang namanya manusia itu tidak luput dari kesalahan contohnya saya lupa untuk membagikan tips ini.. hihihihihi..

to the point aja yaa?? ^_^

1. Sebelumnya sediakan CD master Windows XP terlebih dahulu. "Disarankan menggunakan CD master Windows XP Original agar PC anda Genuine dan nyaman dipergunakan oleh anda". Kemudian masukan CD tersebut di CD-ROM/DVD-ROM kamu. Lalu restart komputer kamu, kemudian nampak tampilan seperti gambar dibawah lalu tekan tombol Delete pada keyboard biar kamu bisa masuk BIOS (Basic Input Output System) komputer anda. Kamu dapat melihatnya pada perintah Press DEL to run Setup.
"Selain menekan tombol Delete ada juga yang harus menekan tombol F2 pada keyboard biar kamu bisa masuk BIOS, itu diakibatkan karena ada beberapa jenis Mainboard yang berbeda".
2. Lalu kamu akan berada dalam BIOS kemudian pilih Boot pada menu dan pilih item Boot Device Priority seperti pada gambar.

3. Setelah itu yang pertama kamu lakukan harus merubah [CD-ROM] pada posisi 1st Boot Device untuk membooting melalui CD-ROM dengan menggunakan tombol +(plus) / -(minus) di keyboard. Lalu tekan F10 untuk menyimpan konfigurasi kamu.

4. Restart komputer tunggu hingga muncul tulisan seperti pada gambar lalu tekan sembarang tombol dengan cepat.
 
5. Setelah pada tampilan diatas tekan Enter untuk lanjut pada proses instalasi atau R untuk melakukan reparasi Windows di Recovery Consule atau F3 untuk mengakhiri proses instalasi.
6. Lanjut pada Lisencing Agreement tekan F8 untuk lanjut dan ESC untuk batalkan proses.
 

7. Pada gambar posisi partisi belum terisi oleh sistem windows. Tekan C untuk membuat partisi baru pada harddisk dan Enter untuk menginstal.
 

8. Lalu masukan berapa besar kapasitas partisi yang ingin kamu buat dalam satuan megabytes(MB) dan tekan Enter untuk membuat partisinya seperti terlihat pada gambar dibawah ini.
 

9. Kemudian tekan Enter untuk melakukan proses instalasi atau Delete untuk menghapus partisi.
 

10. Setelah itu pilih NTFS file system (Quick) atau FAT file system (Quick) (jika ingin menginstal OS dengan menformat partisi C: dengan cepat/quick format) ataupun anda bisa memilih NTFS file system atau FAT file system (jika ingin menginstal OS dengan menformat partisi C: dengan lambat) lalu tekan Enter.
"disarankan anda untuk memilih NTFS file system agar hasil formatan menjadi sempurna dikarenakan secara langsung memperbaiki badsector dari harddisk anda"
  
11. Bila proses instalasi langkah 1 → 10 selesai dan sesuai prosedur maka akan tampil seperti gambar.

12. Setelah itu kamu sampai pada layar berikut pilih Next.

13. Lalu isikan Nama dan Organisasi kamu kemudian pilih Next.

14. Disini kamu akan mengisikan Produk Key atau Serial Number dari type windows kamu pilih Next lagi.
"Untuk Produk Key atau Serial Number lihat pada bungkus CD OS Windows XP Original kamu atau jika CD OS Windows XP kamu tidak original, kamu bisa mendapatkannya di mbah Google, banyak disediakan disana"

15. Isikan nama komputer dan password (bila diperlukan) untuk mengaksesnya lalu pilih Next.
  
16. Set Time Zone pada posisi (GMT+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta lalu atur jam dan tanggal sesuai dengan hari anda menginstal ulang OS, pilih Next.

17. pada option Typical Setting, setingan jaringan akan dibuat default windows dan pada option CustomSettings, setingan jaringan akan dibuat secara manual sesuai kostumisasi anda lalu pilih Next.

18. Bila PC kamu terhubung ke jaringan local dengan domain pilih option Yes, lalu isi dengan nama DOMAIN yang sama dengan DOMAIN jaringan kamu dan sebaliknya jika tidak terhubung ke jaringan atau terhubung tapi tanpa DOMAIN pilih option No, sekali lagi pilih Next.

19. Selanjutnya kamu tinggal pilih Ok.

20. Pilih Ok.

21. Selanjutnya anda akan dibawa masuk ke dalam windows untuk pertama kalinya seperti terlihat pada gambar di bawah ini, pilih Next.
22. Selanjutnya akan muncul layar Help Protect Your PC, seperti gambar di bawah ini, kemudian pilih Not Right Now lalu pilih Next.

23. Kemudian komputer akan mengecek koneksi ke jaringan internet, seperti terlihat pada gambar di bawah ini, pilih Yes bila PC anda terhubung ke jaringan internet, jika tidak pilih No lalu pilih Next.
24. Kemudian akan muncul pilihan aktivasi windows, seperti gambar di bawah ini, lalu pilih Next.
25. Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini yang menunjukan pilihan untuk menambah pengguna komputer, Anda bisa memasukkan beberapa pengguna yang akan mengakses komputer Anda, Namun jika satu akun sudah cukup, atau Anda menginstall komputer untuk dipakai bergantian, cukup masukkan satu user kemudian klik Next.
26. Proses instalasi windows selesai, kemudian akan muncul layar seperti gambar di bawah ini, klik Finish maka proses instalasi selesai.
27. Selesailah sudah semua.... kemudian perlahan masuk ke windowsnya seperti telihat pada gambar di bawah ini.

hingga kamu berada pada tampilan Dekstop Windows seperti gambar dibawah ini. Sekarang kamu tinggal menginstal driver Mainboard kamu.
28. Lalu setelah proses instal berhasil maka kita tinggal menginstal aplikasi-aplikasi dukungan yang diperlukan.

Semoga Membantu...


Dikutip oleh : Indra Qubonz Meirwanda

0 komentar: